Judul buku      : Totto chan Gadis cilik di jendela
Pengarang       : Tetsuko Kuroyanagi
Penerbit          : PT Gramedia Pustaka Utama
Edisi                : Ketujuh, 2010

 Sinopsis :
Totto chan, seorang gadis kecil yang dianggap nakal oleh guru-guru SD nya. Bahkan mamanya sangat sering dipanggil ke sekolah Totto chan gara-gara tingkah lakunya yang aneh. Seperti, menggambar tanpa mengikuti pelajaran yang diberikan gurunya, selalu mengulang-ulang membuka loker mejanya untuk megambil satu benda kemudian memasukannya kembali yang tentu saja mengganggu proses belajar, dan memanggil para pemusik jalanan lewat jendela kelasnya serta menyuruh mereka bermain musik.  Akibatnya, seisi kelas menjadi gaduh dan tidak terkendali sehingga membuat guru dan kepala sekolahnya marah.

                Karena kenakalannya, Totto chan dikeluarkan dari sekolah, kemudian ia pindah ke sebuah sekolah ajaib bernama Tomoe Gakuen. Pak Kobayasi, sang kepala sekolah menerima Totto chan dengan senang hati. Tomoe Gakkuen adalah deretan gerbong kereta api yang diubah menjadi ruang kelas. Di sekolah barunya kini, ia dapat bebas belajar apa saja tanpa terkekang oleh jadwal. Pak Kobayasi mempersilakan seluruh murid-muridnya belajar apa saja yang disukainya.
                Setiap makan siang pun selalu penuh dengan canda tawa. Pak Kobayasi menyuruh murid-muridnya bekal “sesuatu dari laut dan sesuatu dari gunung”. Murid-murid tertawa dan bertepuk tangan menanggapi cerita seorang murid yang kebagian bercerita sesuai jadwalnya di setiap makan siang.
               Suatu hari sekolah Tomoe Gakuen kedatangan gerbong baru yang membuat Totto chan dan teman-temannya gembira. Mereka bahkan menginap di sekolah dengan membawa bantal dan selimut sendiri. Akhirnya pada waktu tengah malam datanglah gerbong baru yang mereka tunggu-tunggu.
   Totto chan mempunyai seorang teman akrab bernama Yasuaki chan. Mereka senang melakukan petualangan. Namun sayang, belum lama mereka menjalin persahabatan Yasuaki chan meninggal karena penyakit polio.
  Perang dunia kedua mulai melanda Jepang sekolah yang sangat mereka cintai hancur terbakar akibat bom yang dijatuhkano oleh pesawat amerika di langit Tokyo. Semua canda tawa mereka seakan sirna dan tidak berbekas. Totto chan dan teman-temanya berpisah untuk mengungsi ketempat yang aman serta berharap bisa bertemu di lain waktu.

Download Ebooknya : Disini