Judul              : The Da Vinci Code
Author            : Dan brown
Genre             : Mystery, Thriller,
ISBN               : 1400079179

Sinopsis

            Jacques saunire adalah seorang ahli simbologi dan kurator seni dari museum louvre paris. Ia ditemukan meninggal dengan aneh di museumnya pada jam 23.00 malam. Mayatnya ditemukan dengan tubuh telanjang bulat membentuk sebuah simbol vitruvian man−lukisan karya leonardo da vinci−dan perut yang dilukis simbol pentakel menggunakan darahnya. Di sampingnya, tertulis juga pesan ‘PS robert langdon’ dan sebuah simbol pentakel yang lebih besar mengelilingi tubuhnya. Sebelum meninggal, ia mempunyai janji untuk bertemu dengan seorang ahli simbologi dari universitas harvard yang sedang dalam jadwal ceramahnya di paris.


Bezu fache−seorang kepala kepolisian DCPJ (Direction Centrale Police judiciaire) yang menyelidiki kasus ini−meminta robert langdon untuk menyelidiki simbol-simbol yang terdapat pada saunire. Fache sebenarnya mencurigai langdon, dan ia menghapus pesan ‘PS robert langdon’ di lantai tersebut demi membuat penyidikan secara tidak langsung tersebut berjalan lancar. Tapi ditengah-tengah penyidikan, salah seorang agen Kriptologi dari DCPJ dengan lihai memberi tahu langdon yang sebenarnya tentang maksud fache. Dialah sophie neveu, cucu dari jacques saunire.
           
Langdon mempercayai sophie dan ia melarikan diri dari incaran fache. Bezu fache pun tak segan langsung menjadikannya tersangka dan buronan. Pemberitaannya segera menyebar di media. Bersama sophie neveu, ia memulai petualangan memecahnkan pesan tersembunyi dibalik simbol-simbol dari kematian jacques saunire tersebut, yang kemudian membawa mereka pada fakta bahwa saunire adalah seorang mahaguru dari organisasi rahasia biarawan sion. Organisasi ini mempunyai misi untuk membawa rahasia besar tentang holy grail secara lisan. Holy grail menyimpan fakta besar mengenai kehidupan jesus christus dan maria magdalena.
          
Ditengah kebuntuan mereka dalam memecahkan kode untuk membuka Cryptex−benda seukuran botol mineral yang menyimpan peta letak holy grail−mereka mendatangi seorang ahli sejarah kaya asal london yang juga penggila grail, Leigh teabing. Selain mereka, ada juga organisasi kristen ‘Opus dei’ yang sangat mengincar  holy grail secara diam-diam. Berdasarkan fakta yang mereka dapat tentang holy grail, petualangan berlanjut menuju london menggunakan pesawat pribadi teabing. Disana, Cryptex berhasil direbut oleh Remy Legaludec−pelayan Teabing−dan  juga tawanan mereka−Silas−seorang anggota Opus dei, yang ternyata keduanya bergerak dibawah perintah sang guru.
           
Akankah mereka berhasil mendapatkan Cryptex kembali dan memecahkan kodenya? Akankah mereka bisa menemukan letak Holy Grail? Lalu siapakah itu Guru? Apa hubungannya dengan opus dei? Apa motif mereka dibalik keinginannya memperoleh holy grail?


Download Novelnya Langsung : Disini